AWALI PEKAN DENGAN UPACARA BENDERA, KETUA LITBANG AJAK WARGA MADRASAH SUKSESKAN ZERO WASTE DAN TINGKATKAN PRESTASI

Mengawali hari Senin yang bertepatan pada tanggal 5 Februari 2024, MAN 1 Gresik selenggarakan upacara pengibaran bendera merah putih. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh keluarga besar MAN 1 Gresik. Seluruh guru, pegawai, dan siswa MAN 1 Gresik berbaris rapi di halaman madrasah sejak pukul 07.00 WIB. Bertugas sebagai petugas upacara yakni siswa kelas XII IPS 1.

Kegiatan dimulai dengan penyiapan barisan. Kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih diiringi menyanyikan lagu Indonesia Raya. Berikutnya yaitu pembacaan teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacaran dan pembacaan pembukaan UUD 1945.

Pada kegiatan yang dilaksanakan dua minggu sekali tersebut, Drs. Khusnan selaku Ketua Litbang bertindak sebagai pembina upacara. Dalam sambutannya beliau terlebih dulu mengoreksi jalannya upacara pada pagi hari tersebut. Menurutnya banyak hal yang perlu diperbaiki terkait jalannya upacara terutama dari segi kehikmatan. Maka dari itu, beliau berpesan agar upacara berikutnya dapat berlangsung lebih hikmat.

Guru yang mengampu mata pelajaran Biologi tersebut menuturkan bahwa dalam brosur PPDB 2024/2025 MAN 1 Gresik memiliki sembilan program unggulan. Program unggulan tersebut salah satunya yaitu program Adiwiyata. Program adiwiyata di MAN 1 Gresik sudah terlaksana sejak tahun 2015 yang dimulai dari adiwiyata tingkat kabupaten, kemudian terus meningkat hingga mencapai Adiwiyata Mandiri.

Sebagai madrasah yang mendapatkan predikat Adiwiyata Mandiri, MAN 1 Gresik bersama 14 madrasah/sekolah lainnya ditunjuk oleh DLH Kabupaten Gresik dalam program zero waste. Maka dari itu sejak tanggal 1 Februari 2024 MAN 1 Gresik sudah tidak lagi menyediakan air mineral dalam kemasan botol plastik. Seluruh warga madrasah sudah harus menggunakan botol sendiri dari rumah masing-masing. Begitu pula dengan penggunaan sampah plastik. Selain itu seluruh warga madrasah juga harus membiasakan memilah sampah organik dan sampah anorganik.

Selaku ketua Litbang MAN 1 Gresik beliau juga menyampaikan selamat kepada kelas XII yang telah masuk eligible. Beliau berpesan agar memersiapkan pemilihan jurusan yang sebaik-baiknya. Pemilihan jurusan harus berdasarkan minat dan kemampuan masing masing. Maka setiap siswa yang mendaftar SNBP diharapkan dapat mengukur peluang dan kapasitas dirinya dalam persaingan menuju PTN. Bagi yang belum masuk eligible beliau berpesan agar tidak patah semangat. Masih banyak jalan menuju PTN.

Menutup sambutannya Drs. Khusnan berpesan kepada sleuruh peserta upacara agar terus meningkatkan prestasinya dengan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan secara offline maupun online. Lomba online bertujuan untuk melatih dan membiasakan siswa dalam mengikuti kompetisi. Ketika sudah terbiasa dengan berbagai kompetisi maka siswa akan mampu bersaing dalam berbagai kompetisi yang diselenggarakan offline.

Leave a Comment